Jumat, 13 Februari 2015

pengaruh Faktor Cahaya terhadap pertumbuhan Tanaman



Mengetahui pengaruh Faktor Cahaya terhadap pertumbuhan Tanaman

A.     Waktu Praktikum dan Tempat Praktikum
·     Waktu    :Rabu,13 agustus 2014
·     Tempat  :Laboratorium Biologi SMA Negeri 1 Karangrayung
B.     Tujuan
Mengetahui Pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman.
C.     Dasar Teori
Cahaya mutlak diperlukan oleh semua tumbuh tumbuhan hijau. Dilain pihak cahaya matahari dapat memperlambat pertumbuhan karena dapat menguraikan zat tumbuh auksin. Sehingga pertumbuhan meninggi terhambat. Hal ini terbukti jika kita menempatkat 2 kecambah pada dua tempat yang berbeda satu tempat terang dan satu lagi pada tempat yang gelap. Yang di tempat gelap pertumbuhan lebih cepat dengan ruas ruas yang panjang namun lemah serta pembentukan klorofil yang terhambat, sehingga daun tampak tidak hijau dan pucat. Pertumbuhan yang cepat dalam kondisi yang gelap disebut etiolasi.
Panjang penyinaran mempunyai pengaruh yang spesifik terhadap pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Panjang periode cahaya harian disebut fotoperiode, sedangkan reaksi tumbuhan terhadap fotoperode disebut dengan fotoperiodisme.
D.Alat dan Bahan
1)Alat                                                          
·       Pipet tetes                                
·       Pot kecil
·       gelas ukur
·       penggaris
·       kardus
2) Bahan
·       Biji kacang hijau
·       Kapas
·       Air

E.Cara Kerja
1.   Tanamlah masing masing 10 butir biji kacang hijau kedalam 2 buah pot kecil. Pot yang pertama diletakkan pada tempat yang cukup cahaya, sedangkan pot yang kedua ditutup dengan kardus sehingga tidak mendapatkan cahaya.
2.   Amati pertumbuhannya selama satu minggu dan ukurlah tinggi tanaman yang tumbuh setiap hari.
3.   Catat hasil pengamatanmu dan carilah rata rata pertumbuhan tanaman yang cukup cahaya maupun tanaman yang berada di dalam kardus.

F.Hasil

nomor
Hari
Cukup cahaya
Dalam kardus


































G.Pembahasan
·       Tanaman yang tumbuh dengan sedikit penerangan cahaya akan mengalami pertumbuhan yang cepat tetapi daun cenderung pucat karena pembentukan klorofil yang terhambat.
·       Tumbuhan yang tumbuh dengan penerangan cahaya matahari yang cukup akan mengalami pertumbuhan yang terhambat karena adanya penguraian hormone auksin oleh sinar matahari.



H.Kesimpulan
Kesimpulan dari praktikum kali ini adalah kita dapat mengetahui bahwa cahaya sangat penting bagi tumbuhan. Akan tetapi cahaya juga dapat menghambat pertumbuhan tumbuhan karena cahaya matahari dapat menguraikan hormone pertumbuhan pada tanaman yang sering disebut hormone auksin. Tumbuhan yang tumbuh pada lingkungan yang sedikit cahaya akan mengalami pertumbuhan yang cepat namun pembentukan klorofilnya terhambat hal tersebut mengakibatkan warna daun tumbuhan yang tumbuh di lingkungan yang sedikit cahaya akan berwarna pucat. Selain berperan dalam proses pertumbuhan tanaman fungsi cahaya yang lain yaitu pada proses fotosintesis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar